5 Sifat Penting Seorang Guru

Assalamualaikum Wr.wb
Hello everyone! How are you tonight? malam ini saya akan mengedukasi dan menjelaskan kalian tentang 5 sifat penting seorang guru...apa saja itu?
Peran seorang guru dalam proses belajar dan mengajar sangatlah penting terutama dalam penyikapan terhadap tugas dan perannya yang harus mengacu pada tujuan pendidikan yang akan berdampak terhadap peserta didik, dampak positif atau negatif dalam jangka pendek atau panjang akan terlihat dalam pribadi peserta didik secara utuh yang meliputi dimensi kemanusiaan dan kepribadian. 
Macam-macam sifat guru antara lain:
1.      Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain

2.      Jujur
Sikap jujur bukan hanya harus dimiliki oleh seorang siswa saat ulangan, tetapi juga juga dalam proses belajar antara guru dan murid. Misalnya pada saat ada pertanyaan siswa yang diluar dugaan, mungkin seorang guru belum begitu pasti jawabannya tetapi karena guru malu mengakui ketidaktahuannya maka terjadilah kesalahan dalam menjawab.

3.      Adil
Adil tidak hanya dalam menilai tetapi juga dalam berproses, adil dalam memberikan ruang interaksi antara guru dan siswa. Jangan sampai mentang-mentang A memiliki daya tangkap yang lebih cepat dibandingkan B maka A selalu diberi kesempatan yang baik.

4.      Bersemangat dan Mencintai pekerjaan
Guru yang menyajikan materi dari hati akan terlihat dari sikapnya sendiri. Ada semangat yang tergambar dari wajah nya dari hari ke hari. Bagaimana mungkin akan membuat siswa betah berlama-lama belajar jika seorang gurunya selalu melihat jam pelajaran berakhir.

5.      Sabar dan mampu mengontrol diri
Sikap ini sangat penting dimiliki oleh seorang guru, sering ditemukan bahwa guru dituntut untuk sabar dalam mengahadapi kelas, menyelesaikan masalah tidak dengan marah-marah karena seorang guru yang pemarah tidak akan disenangi oleh siswa bahkan guru tersebut juga tidak suka jika ia yang dimarahi.

Reference:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 ALASAN KENAPA BAHASA INGGRIS SANGAT PENTING

Cara mudah belajar Speaking ala Yoga